Minggu, 11 Oktober 2009

Culture Shock Perkuliahan

Bismillah..
Assalamu'alaikum..halo..maaf lama ga update..update saya saat ini,terinspirasi oleh teman saya yang baru saja buat blog,jadi saya ikut-ikutan..
Sebenarnya saya saat ini sedang gundah dan gelisah..Ditambah lagi adanya culture shock dari SMA ke masa perkuliahan.(oya,sekarang saya sudah kuliah lho!panggil saya MAHASISWA),mulai dari awal lagi,perkenalan lagi,dll. Entah kenapa tiap kali saya berada di lingkungan baru,perasaan saya tidak enak,bahkan cenderung berprasangka negatif pada keadaan.
Seperti pada saat awal-awal SMA dulu dan atau awal-awal saat kelas XI,saya cenderung menaruh prasangka negatif saya pada teman-teman baru. Misal,saat itu teman SMA saya sebut saja 'mbahe',pada saat pertama kenalan,saya berprasangka,"huft..cah iki ketoke malesi..ga iso dijak guyon..(anak ini bikin malas..ga bisa diajak bercanda)",hehe maaf ya mbah. Tapi ternyata setelah tiga tahun berkawan,saya baru sadar betapa konyolnya si mbah ini dan omongan nya dapat dipercaya(dia pinjem PS saya,dan dikembalikan dengan segera setelah saya minta).
Contoh lain,teman saya SMA juga,sebut saja 'watake',pada awalnya dalam hati saya berkata,"kug menengan banget yo..ketoke rada sombong(kug pendiam skali ya..sepertinya agak sombong)".Sori ya wat..Tapi kenyataan watake ini adalah teman yang loyal,pemikirannya inspiratif dan LEBAY.(kata terakhir begitu berkesan)
Masih banyak contoh-contoh lain,kalo ada yang mau tinggal request aja..hehe..
Nah,apa yang bisa saya ambil dari renungan tadi?
Ternyata prasangka saya terbukti tidak benar. Seiring berjalannya waktu,kita akan tau satu sama lain,saling mengerti satu sama lain,sehingga terjadi harmonisasi dalam pertemanan.
Apa yang kamu benci,belum tentu buruk bagimu
Yang terjadi adalah saya hanya tidak sabar dengan proses menuju keakraban itu. Malah dengan cara mencerca sikap mereka.Maafkan saya teman-teman. Maafkan saya juga teman-teman mahasiswa baru Undip.


2 komentar: